NEWS
DETAILS
Selasa, 28 May 2024 10:40 - Paguyuban Honda Bengkulu

Bengkulu, - Saat berkendara di jalan raya, banyak hal yang harus diperhatikan oleh pengendara agar tidak membahayakan pengguna jalan lain terlebih jika ingin menyalip atau mendahului kendaraan lain.

Untuk membantu mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan berkendara, Noval Yunaidi selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipastikan oleh pengendara.

"Ketika hendak menyalip, pengendara tidak bisa sembarangan agar tidak menimbulkan insiden tak terduga seperti kecelakaan dan jangan sekali-kali menyalip kendaraan lain dari sisi kiri. Karena, jalur kiri diperuntukkan bagi pengendara yang berkendara dengan kecepatan lambat," ujar Noval.

Sebelum menyalip, pengendara harus memastikan tidak ada kendaraan yang mendekat dari belakang dengan melihat ke spion serta bisa melihat ke belakang untuk memastikan area blind spot aman. Pengendara juga harus memastikan tidak ada kendaraan lain dari sisi depan.

Pengendara juga harus memastikan lampu sein menyala. Hal ini akan menjadi supaya kendaraan dari arah berlawanan dan kendaraan yang hendak didahului tahu akan pindah jalur.

Kemudian, jaga jarak aman ketika mendahului. 

"Pastikan untuk menjaga jarak yang aman dengan kendaraan yang  dilewati," pesan Noval.

Ketika proses menyalip gunakan klakson untuk berkomunikasi dengan kendaraan yang akan didahului

"Saat sudah berhasil menyalip, pastikan untuk menyalakan lampu sein untuk berpindah dari lajur kanan ke kiri dan jangan lupa matikan lampu sein," imbuhnya.

Ingatlah bahwa keselamatan adalah yang utama dalam berkendara. 

"Mari kita sama-sama #cari_aman, ingat ada keluarga yang menunggu dirumah," tutup Noval.

RELATED
NEWS