NEWS
DETAILS
Kamis, 26 Jan 2023 23:23 - Paguyuban Honda Bengkulu

PAMHOB TIPS – Mengendarai roda dua menuju destinasi wisata tentu sangat menyenangkan. Tapi, saat musim hujan lo tentu harus punya bekal wawasan yang cukup, karena tantangannya otomatis bakal bertambah. Lo sudah tahu belum apa saja tips aman touring motor saat musim hujan? Yuk, simak lengkap jawabannya pada ulasan berikut ini!

Menuju daerah destinasi wisata tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara, BroSis. Salah satunya bisa juga dengan mengendarai motor alias touring. Yup, cara yang satu ini bisa dibilang cukup terjangkau ketimbang harus mengendarai roda empat.

Selain itu, dengan mengendarai motor juga bisa lebih bebas untuk berhenti karena praktis dan nggak terlalu memakan banyak ruang untuk parkir. Tapi, saat musim hujan tentu ada banyak hal yang wajib dipersiapkan nih, BroSis.

Pasalnya, hujan bakal lebih sering turun dan tentunya bisa mengganggu perjalanan. Tapi tenang, lo bisa tetap gas terus selama musim hujan, kok. Asalkan, pahami dan terapkan beberapa tips aman touring motor saat musim hujan berikut ini ya, BroSis!

Cek dan Teliti Kondisi Motor

Image source: unsplash.com/@vonshnauzer

Sebelum berangkat traveling, sepeda motor perlu dipersiapkan. Pastikan motor siap untuk menerjang hujan dan genangan air dengan mengecek apakah nggak ada celah di bagian pengapian mesin. Kalau bagian tersebut kemasukan air hujan, maka motor bisa mogok, BroSis.

Selain mesin, bagian motor lain juga harus disiapkan. Salah satu contoh adalah ban. Pastikan tekanan angin pada ban ideal agar nggak mudah bocor. Tentu akan merepotkan jika ban motor sampai bocor di tengah guyuran hujan, BroSis.

Hal lain yang perlu diperiksa adalah kondisi tapak ban. Pastikan tapak ban nggak gundul agar tetap bisa mencengkeram aspal jalan saat berkendara di tengah hujan.

Selalu Siapkan Jas Hujan

Image source: unsplash.com/@drzi_hamed

Layaknya pepatah “Sedia payung sebelum hujan”, maka lo juga harus sedia jas hujan sebelum hujan. Keberadaan jas hujan akan sangat terasa ketika hujan turun tiba-tiba di tengah perjalanan touring, BroSis.

Pemilihan jas hujan juga harus tepat. Pilih jas hujan yang lengkap dengan celana karena mampu melindungi tubuh hingga kaki dengan maksimal. Jika mengenakan jas hujan ponco, jangan lupa mendudukinya agar nggak berkibar ke mana-mana saat melaju, BroSis.

Usahakan Jangan Ngebut-ngebut

Image source: apief amambar

Begitu hujan turun, segera kurangi laju kendaraan. Tindakan ini penting karena kondisi jalan biasanya licin jika basah sehingga dengan berkendara pelan, maka hal itu bisa meminimalkan terjadinya selip dan tergelincir, BroSis.

Selain itu, kalau jalan yang dilalui berlubang, maka seringkali lubang-lubang jalan akan tergenang oleh air sehingga menjadikannya nggak terlihat. Tentu akan membahayakan jika motor sampai menerjang lubang yang nggak terlihat dalam kecepatan tinggi, BroSis.

Cari Rute yang Relatif Aman dari Banjir dan Longsor

Image source: unsplash.com/@filipz

Saat berkendara di musim hujan, pilihlah rute menuju tujuan yang aman. Salah satu rute yang sebaiknya dihindari adalah pegunungan karena rawan longsor ketika diguyur hujan lebat, BroSis. 

Selain itu, pilih juga rute yang bukan langganan banjir ketika turun hujan lebat. Lebih baik sedikit memutar daripada harus terjebak banjir.

Berhenti dan Berteduh Kalau Hujan Terlalu Deras

Image source: gridmotor.motorplus-online.com

Kalau hujan turun terlampau deras, ada baiknya untuk berhenti dan berteduh sejenak di tempat yang cukup terlindungi. Lo bisa berteduh di rumah-rumah warga, pom bensin, atau toko-toko di pinggir jalan, BroSis.

Pasalnya, kalau hujan turun dengan sangat deras, jarak pandang saat berkendara akan terbatas dan pastinya berbahaya. Jadi, jangan memaksakan untuk jalan terus ya, BroSis!

Demikian beberapa tips aman touring motor saat musim hujan. Semoga bisa jadi referensi yang berguna dan bermanfaat ya, BroSis. Selamat bertualang!

Writer : Muhammad Ilham Alfarabi


Source: berbagai sumber

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK